Desa Duda Timur HUT Ke-35, Gelar Lomba Tarik Tambang Lumpur dan Lepas Burung Merpati

  • 18 Desember 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Desa Duda Timur memperingati HUT ke-35 dimana dalam perayaannya digelar lomba tarik tambang lumpur dan melepas ribuan  ekor burung merpati.di mana di hadiri langsung orang nomer satu di kabupaten Amlapura Bupati I Gede Dana 

"Hampir selama 12 tahun ini setiap perayaan HUT kegiatan tarik tambang lumpur menjadi maskot kita dan juga akan melepas empat ribu ekor burung dara," demikian diungkapkan, Prebekel Duda Timur yang juga selaku Ketua Forum FORKOM Prebekel Bali, I Gede Pawana, SaG, M.Fil.h. ketika di temui BaliBanknews, Sabtu,18/12/2021 di sela- sela acara.

Lebih jauh diungkapkannya, sekaligus pada saat itu juga peresmian jalan.desa sepanjang 800 meter di Banjar Dinas Patah. Pelepasan burung merpati juga sebagai simbol di usia ke-35 tahun Desa Duda Timur kedepannya semakin baik dan sejahtera. 

"Begitu juga tarik tambang lumpur yang belum lazim dan diadakan di sawah. Karena petani-petani kita sudah panen dan menjadi wujud syukur kita juga dengan digelarnya tarik tambang ini," ucapnya.

Dikatakannya, dalam kegiatan tersebut melibatkan seluruh masyarakat, baik karang taruna, BPD, satgas, dam semua komponen masyarakat Desa Duda Timur.

Lebih jauh dikatakannya, dalam setiap.pagelaran HUT masyarakat sangat antusias mengikuti meski hadiah bukan menjadi hal yang dicari, namun lebih ke kebersamaan dan rasa kekompakan masyarakat di Desa Duda Timur.

"Serangkaian HUT kali ini banyak hal yang berubah dari sebelumnya menjadi desa yang terpencil kini telah menjadi desa digital," ujarnya.

Kemudian Desa Duda Timur juga memiliki objek wisata berupa air terjun yang sebelumnya tidak ada kini ada dengan patung Dewa Brahma terbesar di Bali. "Jadi itulah potensi-potensi yang kita gali dan kita ucapkan kepada masyarakat, Jero Bendesa Adat Duda, Putung, Pateh, perangkat desa, BPD, dan LPM yang mendukung penuh semua kegiatan-kegiatan kita yang bisa bersinergi," ucapnya.

Ia berharap, apa yang menjadi program-program Desa Duda Timur didukung oleh masyarakat. "Mari kita bangun dari desa untuk bangsa. Meski kita berada di desa terpencil namun kita sudah mendapatkan berbagai penghargaan," ucapnya.

Ditambahkannya, Desa Duda Timur mendapatkan rekor MURI, desa berbasis IT dan penghargaan di tahun 2019 lomba keterbukaan informasi, penghargaan desa inovatif.

"Jadi itulah hal-hal yang bisa kita lakukan tanpa mengesapingkan pembangunan di Desa Duda Timur dan semuanya kita dedikasikan bagi masyarakat Duda Timur," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar