Gubernur Bali dan Bupati Gianyar Resmikan Pasar Rakyat Gianyar

  • 18 Desember 2021 00:00 WITA

Gianyar, BaliBannews -
Gubuernur Bali Wayan Koster bersama Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra meresmikan Pasar Rakyat Gianyar, Sabtu 18/12/2021.

Dalam sambutannya, Gubernur Koster mengapresiasi bangunan Pasar Rakyat Gianyar serta desain gedungnya telah menggunakan panel surya. Gubernur juga mengapresiasi kinerja Bupati Mahayastra yang menjaga keberadaan desa adat di Bali.

"Sebagai Gubernur saya memprioritaskan pembangunan kantor majelis desa adat (MDA) provinsi dan kabupaten/kota. Dari 10 kantor MDA, 9 milik kabupaten/kota dan 1 provinsi yang dibangun, semua menggunakan dana CSR dan satu-satunya yang menolak dibantu adalah Bupati Gianyar," ucap Koster.

Bukan hanya kepeduliannya kepada desa adat, Gubernur juga mengapresiasi kebijakan Bupati Mahayastra terkait biaya berobat gratis bagi masyarakat Gianyar terlebih lagi dengan diresmikannya Gedung Ayodya RSUD Sanjiwani akan menambah kenyamanan bagi masyarakat Gianyar yang sedang menjalani pengobatan.

Peresmian Pasar Rakyat Gianyar juga dirangkai dengan peresmian kantor MDA Kabupaten Gianyar, Gedung Ayodya RSUD Sanjiwani serta pengukuhan Sekar Pucuk Bang sebagai maskot Kota Gianyar.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Mahayastra mengungkapkan pembangunan pasar ini menghabiskan anggaran Rp250 miliar.

"Ini adalah pasar rakyat atau pasar umum atau pasar tradisional termegah di Bali, bahkan di Indonesia jarang ada kepala daerah yang berani membangun pasar dengan anggaran Rp250 miliar.

"Saya berharap pasar umum ini menjadi pasar rakyat yang modern, bersih, tertib, nyaman, dan sejuk, serta lebih berdaya saing serta bisa menjadi ikon baru dan destinasi wisata belanja di Kota Gianyar," ucapnya.

Setelah dilakukan revitalisasi, Pasar Gianyar mampu menampung 1.643 pedagang di los, kios sebanyak 95 unit, dan toko sebanyak 143 unit. Bupati menekankan dalam pengundian nanti akan berlaku seadil-adilnya kepada seluruh pedagang dan pengundian dilakukan Januari tahun depan.

Seusai peresmian, Gubernur Koster dan Bupati Mahayastra dan rombongan berkeliling melihat Pasar Rakyat Gianyar, Kantor MDA Kabupaten Gianyar, dan Gedung Rawat Inap RSUD Sanjiwani. (yess)


TAGS :

Komentar