LPD Desa Adat Ngis Lempuyang Gelar LPJ, Aset dan Laba Tumbuh Positif

  • 05 Januari 2022 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Ngis di Lempuyang, Karangasem menggelar kegiatan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) tahun 2020. Secara umum kinerja LPD Ngis baik dari sisi aset dan laba tumbuh positif. Demikian diungkapkan Pemucuk LPD Desa Adat Ngis Lempuyang, Ni Kadek Suarmini, SE, ketika di temui BaliBanknews di sela-sela LPJ pada Selasa/ 4/1/2022 di Pura Puseh Desa setempat.

"Secara umum LPD tumbuh baik. Aset tumbuh 25 persen dan laba tumbuh 6 persen," ucap Suarmini.

Lebih jauh diungkapkannya, sampai saat ini LPD Ngis beraset Rp 6,7 miliar dengan laba mencapai Rp 180 juta. "Pencapaian tersebut sudah sesuai dengan rencana kerja kita di LPD Ngis," ucapnya.

Suwarni mengatakan, selama pandemi covid-19 ini, LPD Ngis memberikan keringanan pembayaran kredit kepada krama. "Karena mayoritas masyarakat disini bergerak di sektor pertanian dan perkebunan  sehingga dampak pandemi tidak begitu dirasakan. Sedangkan yang bergerak di sektor pariwisata hanya beberapa orang saja," ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, dalam kegiatan LPJ ini LPD juga menyerahkan dana pembangunan sebesar 20 persen dari laba yakni sebesar Rp 36 juta yang langsung diserahkan ke Desa Adat Ngis. Dana tersebut digunakan untuk dana pembangunan. Sedangkan dana sosial juga sudah digunakan untuk.pembagian beras kepada masyarakat.

Diakuinya dukungan Bendesa Adat Ngis Lempuyang, I Ketut Denes yang juga selaku Ketua Badan Pengawas LPD Desa Adat Ngis sangat bagus sekali untuk mengembangkan LPD. "Apapun yang terjadi pada LPD, misalnya jika ada kredit macet maka bendesa menyelesaikan dalam paruman dam dibacakan namanya," ucapnya.

Ditambahkannya, dalam pengelolaan LPD juga diperkuat dengan pararem. Dimana didalamnya juga menyangkut tentang kredit macet yang penyelesaiannya dilakukan dengan sistem kekeluargaan dan mencari solusi yang terbaik.

"Kami berharap semakin diperkuat LPD dan koordinasi dengan badan pengawas bida terus ditingkatkan. Berkembangnya LPD juga berimbas terhadap peningkatan pembangunan di Desa Adat Ngis dan juga peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar