LPD di Kabupaten Tabanan Tumbuh Positif

  • 05 Januari 2022 00:00 WITA

Tabanan, BaliBanknews -
LPD di Kabupaten Tabanan hingga akhir tahun 2020 mampu tumbuh positif, meski ditengah pandemi covid-19.


LPD di Kabupaten Tabanan hingga akhir tahun beraset Rp 1,937 triliun dan laba yang mencapai Rp 35,068 miliar. Bahkan 21 LPD kembali beroperasional dari jumlah LPD yang aktif saat ini di Tabanan mencapai 309 LPD.


Koordinator LPLPD Kabupaten Tabanan, I Dewa Nyoman Alit Astina,SE ketika di temui BaliBanknews Rabu/5/1/2021 di kantor LPLPD Tabanan mengungkapkan, secara umum LPD dari segi aset dan laba mengalami perkembangan dibandingkan tahun lalu.

"Kita optimis target tercapai namun tidak sebesar seperti tahun-tahun sebelum covid-19," ucapnya.

Alit Astina lebih jauh mengungkapkan melihat perkembangan LPD di Tabanan menunjukkan suatu kemajuan yang baik. Artinya dari segi aset meningkat dan juga laba meningkat. 

Bahkan diakuinya saat ini sudah 21 LPD kembali beroperasional. Pihaknya tetap melakukan sosialisasi dan juga pemanggilan kepada bendesa adat LPD yang belum beroperasional dan mereka merespon positif untuk kembali membangkitkan LPD mereka.

"Kita langsung memberikan pendampingan dengan memberikan Bintek dan pelatihan. Kita laksanakan itu, tentunya ini kembali ke Desa Adat lagi kalau ingin memajukan LPD kita hanya sebatas memberikan motivasi. Astungkara selama dua tahun kami dan bendesa adat di 21 LPD tersebut sudah ada respon positif dengan beroperasinga kembali 21 LPD tersebut," ucapnya.

Dikatakannya, untuk saat ini masih ada 40 LPD yang belum beroperasional dan pihaknya sudah mengundang bendesa adat dari masing-masing LPD tersebut. Respon mereka diakuinya mayoritas akan berusaha membangkitkan LPD mereka. 

Dengan itu, pihaknya langsung berkoordinasi dengan LPLPD Provinsi Bali dan Tim Pembina, Bendesa Madya Kabupaten dan BKS LPD Kabupaten Tabanan. "Kita ingin menyatukan persepsi untuk.keseriusan dalam.membangkitkan kembali LPD yang belum beroperasional," ucapnya.

Pihaknya tinggal menunggu respon dari desa adat dan juga persetujuan krama masing-masing desa adat sehingga ada berita acara kesepakatan untuk membangkitkan kembali LPD mereka. 

"Di tahun ini kita harapkan dari semua desa adat yang LPD nya belum dibangkitkan tersebut agar bisa dibangkitkan. Itu harapan kami selaku pembina LPD," harapnya.

Lebih jauh diharapkannya, LPD di Tabanan tahun ini tetap.optimis bisa bertumbuh dan tetap bekerja dengan maksimal. 
"Jika situasi sudah kondusif mudah-mudahan LPD bisa terus bertumbuh positif. LPD tetap ajeg dan eksis di desa adat. Kita akan tetap melaksanakan kegiatan yang sudah disepakati sesuai dengan skala prioritas dan sesuai dengan acuan-acuan yang ada," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar