Pengurus dan Karyawan LPD Bualu Gelar Persembahyangan Bersama di Pura Pajinengan Tap Sai

  • 19 Agustus 2023 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Pengurus dan karyawan-karyawati Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Bualu menggelar kegiatan persembahyangan bersama, Sabtu 19/8/2023 di Pura Pajinengan Tap Sai di dusun Puragae, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang Karangasem. 

Kegiatan ini sekaligus sebagai ucap syukur LPD Bualu yang kini genap berusia 34 tahun melayani masyarakat.

Pemucuk LPD Bualu, Made Astika, S.E., dalam kegiatan ini merasa berbahagia. Karena, semua kegiatan HUT LPD Bualu ke-34 berjalan dengan lancar. "Saya berharap kekompakan tetap dijaga dan fokus melayani nasabah serta masyarakat," ucapnya.

Dikatakan Made Astika, kegiatan persembahyangan ini sebagai bentuk implementasi Tri Hita Karana. Hubungan dengan Tuhan, sesama dan lingkungan. Dipilihnya Pura Tap Sai ini lebih jauh dikatakannya karena LPD merupakan lembaga adat yang mengelola keuangan. Sehingga sangat tepat untuk memohon kerahayuan di Pura Tap Sai karena berstana tiga dewi yakni Ida Bhetari Sri, Ida Bhetari Rambut Sedana dan Ida Bhetari Saraswati.

"Apa hubungannya? kita ini bekerja di LPD di ilhami oleh Ida Bhetari Saraswati. Sedangkan, uang sangat lekat dengan Ida Bhetari Rambut Sedana dan kita ibarat dagang memberikan pelayanan yang maksimal untuk memberikan kesejahteraan kepada krama sehingga kita memohon kerahayuan kepada Ida Bhetari Rambut Sedana," ucap Made Astika.

Made Astika mengakui, kinerja LPD Bualu sudah berjalan dengan baik. Sehingga dalam kesempatan ini juga turut bersama-sama mendoakan agar usaha nasabah juga dapat berjalan dengan baik.

Made Astika berharap, khusus para nasabah dalam hal ini krama desa yang menjadi nasabahnya LPD agar tetap menjaga kepercayaan terhadap LPD. Selain juga memanfaatkan secara maksimal produk-produk yang ada di LPD Bualu. 

"Perlu ditekankan masyarakat atau siapapun untuk jangan takut salah. Karena ada ruang bagi kita untuk kita belajar dari kesalahan tersebut. Baik LPD jika ada kekeliruan dalam mengambil kebijakan, silahkan masyarakat atau krama desa untuk mengajukan kritik dan saran. Begitu juga sebaliknya, apabila masyarakat atau krama desa yang sudah menjadi nasabah LPD mengalami permasalahan kredit datang saja ke LPD. Mari kita cari solusi bersama, agar permasalahan bisa diselesaikan dengan baik," harapnya.

Di akhir kegiatan persembahyangan ini dilaksanakan juga pengundian doorprize bagi karyawan-karyawati LPD Bualu, sebagai bentuk ungkapan syukur dan terimakasih HUT LPD Bualu berjalan dengan lancar.

LPD Desa Adat Bualu merayakan Hut ke-34, Selasa (15/8/2023). bertempat di ruang Loka Amerta Sabha LPD Desa Adat Bualu. Perayaan Hut yang dilaksanakan secara sederhana tersebut ditandai peniupan lilin serta pemotongan Kue dan tumpeng  oleh Bendesa Adat Bualu, Wayan Mudita, S.H. diserahkan kepada Pemucuk LPD Bualu, Made Astika, S.E.

Acara yang juga dirangkai dengan pengundian hadiah tersebut juga dihadari prajuru, Tokoh dan undangan lainnya. 

Dalam sambutannya pemucuk LPD Bualu, Made Astika mengungkapkan Peringatan hari jadi kali ini masih diadakan secara sederhana. Karena situasi dan kondisi baru saja mulai membaik, sehingga masih diperlukan waktu untuk berbenah. “Sampai saat ini saya masih dibayang-bayangi rasa bersalah yang amat sangat karena didalam membuat suatu kebijakan untuk menjaga eksistensi LPD Desa Adat Bualu dari masa pandemi covid 19 sampai masa endemi saat ini saya belum mampu memenuhi harapan kita bersama,” ujarnya.

Walaupun demikian ada rasa syukur yang tersirat dan tumbuh dalam dirinya karena dengan kondisi seperti ini dia menemukan ruang untuk belajar serta kesempatan bertemu dengan orang- orang yang hebat dan memiliki integritas yang luar biasa menuntunnya untuk berbuat yang lebih baik dalam upaya memperbaiki tata kelola keuangan yang sebelumnya sempat mengalami degradasi.

“Pandemi Covid-19 telah memberi pelajaran yang luar biasa saya rasakan dimana telah membuka wawasan dan kesempatan saya untuk belajar dan belajar lagi.Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini ijinka saya menghaturkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua guru yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu,” ujarnya.

Perayaan Hut LPD yang ke-34 ini dirangkai beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya. 

Diantaranya, penyerahan punia untuk Ngaben dan Nyekah kinembulan Desa Adat Bualu 2023 sebesar   Rp.150.000.000,00, Persembahyangan bersama di Perhyangan Lingga Amertha Bhuawa LPD Desa Adat Bualu dan Pura Kahyangan Tiga Desa Adat Bualu, kebersihan di lingkungan kantor LPD Desa Adat Bualu, membangun tempat Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Melounching prtoduk "Kredit Sarwa Guna" serta Program Terima Kasih Nasabah melalui "Kupon Undian Berhadiah" yang akan diundi pada kesempatan tersebut.

“Ada kegiatan pasti ada biaya yang ditimbulkan, oleh karenanya dapat saya sampaikan bahwa sumber biayanya adalah dari biaya promosi yang kami pupuk setiap bulan sesuai kemampuan, yang kami tempatkan pada pos titipan sebelum dipergunakan. Untuk saat ini kami alokasikan sebesar Rp.40.000.000,00 selebihnya kami disuport oleh PT Bank BPD Bali Capem Nusa Dua serta BPD Bali Cabang Badung, BNI Cabang Nusa Dua, Bank Mandiri Taspen KCP Kuta, Bank Lestari, Bank Wahyu Nirmala, Bank Danamon Cabang Nusa Dua, Dan Bank Ina Perdana,” bebernya.

Dia juga mengungkapkan, untuk perkembangan usaha LPD Desa Adat Bualu per Juli 2023 terhadap Perkembangan Usaha per Juli 2022 tumbuh sebesar 8,53%. 

“Semoga dukungan dan kepercayaan dari Krama Desa Adat (nasabah), Prajuru Desa Adat Bualu, BPLPD Desa Adat Bualu serta karyawan-wati, kita mampu meraih pertumbuhan yang lebih baik di masa yang akan datang,” harapnya. 

Sebelum mengakhiri sambutannya, Astika juga mengajak semua untuk merenungkan apa yang telah disampaikannya di atas. 
Dimana, merasa bersalah Akan akan selalu membuka ruang untuk belajar. “Mari bangkit berinovasi  dengan tata kelola yang baik dan benar menuju LPD Desa Adat Bualu yang terpercaya," pungkasnya. 

Bendesa Bualu, Wayan Mudita sangat mengapresiasi kinerja pengurus LPD yang sudah mampu melewaati covid 19 dan bisa tetap eksis hingga kini. Pihakmya berharapa koordinasi dengan pihak Desa Adat Bualu yang sudah bagus terus terjalin dengan baik sehingga LPD Bualu semakin diterima di tengah masyarakat. “Kami sangat mengapresiasi perjuangan keras yang dilakukan jajaran LPD Bualu sehingga bisa kini sesuai yang Kita harapkan,” ujarnya.

Apresiasi juga disampaikannya terkait terobosan  yang dilakukan pengurus LPD, salah satunya yakni prtoduk "Kredit Sarwa Guna" yang murah bagi Masyarakat. (jhon/rls)


TAGS :

Komentar