Bank BPD Bali Hadirkan QRIS di HUT Kota Depasar ke- 232

  • 16 Februari 2020 08:00 WITA

Denpasar, BaliBanknews - 
Bank BPD Bali Kantor Cabang Denpasar menyosialisasikan produk Quick Response (QR) Code Indonesian Standard (QRIS) di Gajah Mada Heritagezone, pada Minggu (16/2/2020). Acara dihadiri Walikota Denpasar, Sekda Kota Denpasar, jajaran Direksi Bank BPD Bali serta Deputi Direktur Sistem Pembayaran PUR, Layanan dan Administrasi BI Provinsi Bali.
Program ini disosialisasikan menyambut HUT Kota Denpasar yang ke- 232 Tahun. Sebanyak 20 UMKM binaan BPD Bali khusnya Kantor Cabang Utama Denpasar juga turut mengisi stan kuliner dalam acara "Wonderfood Culinary Fun Walk" yang berpusat di Pasar Badung ini.

Acara sosialisasi diawali dengan Fun Walk yang di ikuti oleh ratusan masyarakat serta jajaran OPD Kota Depasar serta Guru Guru . Pembelanjaan di stan kuliner tersebut menggunakan QRIS di sepanjang jalan yang dilalui fun walk agar para peserta terbiasa bertransaksi menggunakan QRIS.

Walikota Denpasar bersama jajaran Direksi BPD Bali berkesempatan  berbelanja langsung di warung makan di areal Tukad Badung. Secara langsung pula Walikota Denpasar mempraktikkan  pembayaran lewat transaksi nontunai Aplikasi QRIS BPD Bali.

"Saya apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini. Bank BPD Bali sudah bisa memberikan kemudahan kepada para pedagang khususnya para pedagang makanan yang ada di Pasar Badung," ujar Walikota Denpasar, I Bagus  Rai Darmawijaya Mantra. 

Wali Kota Denpasar menambahkan, lewat aplikasi ini, berbelanja jadi sangat mudah dan cepat. Ia mendorong kepada seluruh pedagang makanan di Pasar Badung agar bisa memanfatkan fasilitas yang dimiliki BPD Bali. 

Sementara itu, Direktur Operasional  Bank BPD Bali, Ida Bagus Gede Setia Yasa mengatakan, pihaknya menyiapkan 20 UMKM binaan BPD Bali yang semuanya sudah memaki QRIS. Ia menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan para pedagang selama ini. 

"Sehingga ke depannya dengan transaksi non tunai QRIS akan mengurangi penggunaan uang kes di pasar dan para pedagang Pasar Badung," ujarnya.

Gusde menambahkan, sosialisasi ini merupakan kewajiban Bank BPD Bali dalam rangka pengenal an produk pada seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder yang ada di Bali. Bank BPD Bali telah mendapat izin menggunakan transaksi QRIS dari Bank Indonesia sejak 18 Desember 2019.

"Bank BPD Bali adalah bank ke-14 dan bank kedua dari seluruh BPD yang diizinkan bertranskasi menggunakan QRIS," ujarnya. 

Sebelumnya, Bank BPD Bali bersama Sekda Bali di UPT Samsat Sayan, Ubud meluncurkan pembayaran samsat QRIS pertama kali di Indonesia. Pihaknya sangat mendukung program-program elektronifikasi dalam rangka peningkatan tata kelola, pengelolaan keuangan negara termasuk dalam rangka peningkatan kapasitas UMKM yang ada di Bali.

Transaksi QRIS selain berlaku untuk penerimaan negara, juga bisa berlaku untuk penerimaan dana punia di 349 pura di Bali. 

“Nantinya krama yang ke pura tidak lagi punianya dengan uang tunai, lewat barcode saja sehingga nanti lebih transparan dan tata kelola di pemerintah sampai dengan desa adat dalam rangka mendukung program Nangun Sat Kerthi Loka Bali bisa terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Kepala Bank BPD Bali Kantor Utama Depasar, Putu Dharmapatni mengatakan, pihaknya  berkolaborasi dengan Disdikpora kota Denpasar dan SBMD selaku penitia  acara, kita juga  menyiapkan hal yang spesial di acara HUT Kota Denpasar. Seluruh peserta funwalk diwajibkan berbelanja di warung kuliner tersebut dengan mengunakan QRIS dari Bank BPD Bali. 

"Ini untuk merangsang peserta bertransaksi QRIS, kami berikan diskon spesial untuk 25 pengunjung pertama, jadi yang unik acaranya di HUT kota Denpasar ini, nanti yang memiliki badan terberat saat finished dan dengan menunjukan bukti transaksi QRIS kami berikan hadiah langsung," jelasnya. 

Saat acara berlangsung ramai  pihaknya uga menyiapkan petugas yang mana masyarakat atau peserta yang ingin melakukan aktivasi Mobile Banking dan menukar kartu ATM yang berlogo GPN ( gerbang Pembayaran nasional).  Pihaknya menyiapkan hadiah seperti tiket pesat Garuda pulang pergi Jakarta-Bali, kemudian Bali-Surabaya serta masih banyak lagi hadiah menarik lainnya untuk mendukung program Pemerintah Kota Denpasar. (yes) 


TAGS :

Komentar