LPLPD Apresiasi Kekompakan LPD Kecamatan Sukawati

  • 29 April 2022 00:00 WITA

Berkat Sinergi Bank BPD Bali dengan LPD 

Gianyar, Balibanknews - Tenaga Ahli LPLPD Provinsi Bali, I Gusti Agung Rai Astika, mengapresiasi kekompakan dan sinergi LPD dan BPD Bali yang ada di Kecamatan Sukawati. Itulah menjadi penentu kesuksesan LPD.
“Kami apresiasi teman di Sukawati, ada kekompakan luar biasa antara pengurus dan karyawan, termasuk Bendesa, tokoh masyarakat dan krama,” ujarnya kepada Balibanknews, Jumat (29/4). 

Kata dia, LPD bisa sukses salah satu karena unsur kompak. “Dan bersatu untuk menjaga LPD-nya. Itu kami apresiasi luar biasa,” ujarnya.


Pihaknya melihat, LPD di Sukawati telah teruji. “Makanya koreksi saat pandemi tidak banyak. Bahkan ada yang aset justru naik,” jelasnya.
Saat fase pandemi, dijalankan dalam efektif. “Rasio keuangan, rasio kesehatan dicapai,” ujarnya.

Kemudian efesien karena berusaha meminimalisir keuangan. Lalu sisi ekonomis lancar. “Kemudian LPD aman, saya senang, di Sukawati tidak ditemukan penyelewengan. Patuh aturan dan awig, keputusan paruman desa sehingga LPD aman,” ujarnya.
Di Sukawati dari 33 beroperasi dan aman. “Mengenai modal, dari 33, sebanyak 22 LPD sudah mapan dari permodalan. Aman sekali,” jelasnya.

Tantangan hanya pada satu LPD, namun perlu berbaikan. “Sehingga punya ketangguhan menanggung resiko,” jelasnya.


Kemudian dari kualitas aktiva, LPD harus sabar. “Dengan memberikan relaksasi akibat masalah pandemi Covid-19, namun masih terkendali,” jelas dia.
Kedepan, yang harus diperbaiki kualitas kredit. “Mengejar ekspansi kredit. Fenomena sekarang bank memberi bunga 8 persen,” ujarnya.
Disisi lain, LPD justru memberikan bunga kredit lebih besar dari bank. “Kalau LPD memberikan 18 persen misalnya, ya bagaimana bersaing?. Akhirnya LPD harus turunkan suku bunga,” ujarnya.
Hal ini harus diperhatikan, apalagi pandemi mulai berlalu, mulai ada peningkatan ekonomi. “Sehingga dia bisa menikmati kredit dengan murah. Kalau murah, LPD harus merancang bunga lainnya, misalnya deposito,” ujarnya.
Sementara itu, covid merupakan batu sandungan. “Kita harus bersemangat dan syukur karena covid mendewasakan kita,” ujarnya.
Apabila ada masalah saat covid, bukan berarti ada kesalahan managemen, namun karena kreditur, krama yang terhambat. “Percayalah bahwa pengurus LPD sudah bekerja baik. Ini diyakini, kalau ini berakhir, kita semua bisa lari demikian kencang,” ujarnya.

Yang patut disyukuri, semua pihak, Bendesa, tokoh di Kecamatan Sukawati mendukung upaya LPD memberikan pelayanan kepada krama. “Ini contoh sukses LPD. Mudah-mudahan, ditiru, merata di Sukawati, nyaris merata bagus,” terangnya.

Pesan kunci yang disampaikan, apabila ada masalah, patut disyukuri. “Itu sebagai tantangan. Kalau ada masalah, jangan saling menyalahkan, mari duduk bersama,” ujarnya.
Mengenai sinergi BPD Bali, diharapkan terus bekerja sama. “Mudah-mudahan BPD Bali maju, LPD juga maju,” tutupnya. (Yes)


TAGS :

Komentar