Mahasiswa UMM Melakukan Pendampingan Cash Flow Berbasis Komputerisasi UMKM Bali

  • 21 Agustus 2023 00:00 WITA

Badung, BaliBanknews -
Salah satu kegiatan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang adalah Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PMM). Tujuannya yaitu melakukan pengabdian kepada masyarakat dan melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, PMM sendiri bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian  Universitas Muhammadiyah Malang(UMM). Salah satunya yang dilakukan oleh kelompok 75 gelombang 5 dengan beranggotakan Raviona Natasya Deravita, Yossy Berlan Novitasani Wiyono, Aretha Balqis Suci Laurient, Yantiara Deawana, dan I Putu Gede Yoga Adhi Pratama yang berasal dari prodi Akuntansi.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PMM) ini diikuti oleh puluhan kelompok mahasiswa semester 6. Salah satunya kelompok 75 gelombang 5 yang beranggotakan 5 orang Kelompok 75 berkesempatan melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PMM) di Desa Buduk Kec. Mengawi, Kab. Badung. Provinsi Bali. Melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PMM) Bhaktimu Negeri, kelompok kami akan mengedukasi serta membantu Pawon Budhe Siti dalam mengimplementasikan cash flow guna menunjang kegiatan bisnis, serta diharapkan dapat berkembang seiring berjalannya waktu.

Pawon Budhe Siti merupakan usaha rumahan yang bergerak dibidang kuliner. Alasan kami memilih UMKM Pawon Budhe Siti ini dikarenakan ingin mempermudah mengelola laporan keuangannya, yang dimana masih menggunakan cara manual, seperti pencatatan cash flow secara tertulis. Seiring berkembangnya zaman, implementasi cash flow sangat diperlukan untuk mengatur kegiatan dalam suatu perusahaan serta mempermudah kegiatan operasionalnya seperti mempermudah dalam perencanaan dan pengendalian.

Kemajuan teknologi komputer dan informasi berdampak pada cara pencatatan akuntansi tradisional, dimana pencatatan informasi keuangan yang dulunya dilakukan dengan cara sistem manual dengan adanya komputer, pencatatan data dilakukan secara komputerisasi. Pawon Budhe Siti sudah memiliki pelanggan tetap, bahkan setiap bulan mampu mendapatkan pelanggan baru, hal tersebut perlu diadakannya system yang mampu membantu mencatat keuangan secara cepat dan tepat melalui system komputerisasi.

Kegiatan yang dilakukan oleh kelompok 75 yaitu stimulasi pendampingan impelementasi cash flow berbasis komputerisasi diharapkan dapat membangun sebuah aplikasi cash flow berbasis komputerisasi yang bertujuan untuk membantu pemilik Pawon Budhe Siti dalam mengatur keuangan, serta laporan keuangan baik berupa uang masuk dan uang keluar dari usaha yang dimiliki.

Oleh : Raviona Natasya Deravita
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

 


TAGS :

Komentar