Pertama di Bali, BPDLH Apresiasi KSP Guna Prima Dana Salurkan Pinjaman Untuk Jaga Lingkungan Hidup

  • 24 Oktober 2024 00:00 WITA

Badung, balibanknews -
Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) yang berada dibawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia mengapresiasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Guna Prima Dana yang dipercaya sebagai lembaga penyalur dana BPDLH

KSP Guna Prima Dana merupakan Koperasi yang pertama kali di Bali yang dipercaya sebagai lembaga penyalur dana BPDLH.

Direktur Penyaluran Dana BPDLH, Damayanti Ratunanda, saat ditemui www.balibanknews.com seusai kegiatan penadatanganan kerjasama dengan KSP Guna Prima Dana, Kamis 24/10/2024 di Aula Kantor Pusat KSP Guna Prima Dana, Jl. Raya Uluwatu No.333 Ungasan Kabupaten Badung, mengungkapkan bahwa saat ini baru ada 7 Koperasi sebagai lembaga penyalur pinjaman fasilitas dana bergulir dari BPDLH. Salah satunya saat ini adalah KSP Guna Prima Dana.

"Total ada sekitar 40 ribu orang yang telah memanfaatkan pinjaman dana bergulir BPDLH di seluruh Indonesia dan saat ini KSP Guna Prima Dana adalah salah satu lembaga yang menyalurkan dana ini," ucap Damayanti.

Hal ini tentu menjadi apresiasi kepada KSP Guna Prima Dana yang bersama-sama memberikan akses pinjaman dana bergulir bagi anggota yang konsen dalam memelihara lingkungan hutan. Dimana KSP Guna Prima Dana diberikan fasilitas dana bergulir sebesar Rp 5 miliar untuk masa dua tahun dan disalurkan kepada anggota yang mau menanam pohon atau menjaga pohon disekitar lingkungannya agar tidak ditebang. 

"Maksimal pinjaman mencapai Rp 50 juta per orang. Dimana pengajuan pinjaman dana ini dianalisa nanti KSP Guna Prima Dana memilih anggota yang memiliki pohon atau mau menanam pohon dan dengan syarat selama pinjaman pohon tersebut dipertahankan dan tidak boleh ditebang," ucapnya.

Diakuinya, hingga September 2024, penyaluran pinjaman fasilitas dana bergulir dari BPDLH sudah mencapai Rp 78 miliar kurang lebih kepada 8 ribuan orang.

Manajer KSP Guna Prima Dana, I Wayan Suyatna mengucapkan terimakasih karena KSP Guna Prima Dana dipercaya menyalurkan pinjaman fasilitas dana bergulir dari BPDLH.

"Ini merupakan langkah maju dari KSP Guna Prima Dana untuk ikut dalam memberikan fasilitas pinjaman untuk keberlangsungan lingkungan," ucap Suyatna.

Ia pun yakin dengan diberikannya kepercayaan sebagai lembaga penyalur dari BPDLH ini akan mampu disalurkan kepada anggota secara maksimal. Berkaca dari pengalaman dimana KSP Guna Prima Dana dalam menyalurkan kredit program seperti LPDB UMKM dan UMI bisa berjalan dengan baik dan lancar. 

"Anggota yang memanfaatkan fasilitas pinjaman dari BPDLH ini kami berikan.plafon maksimal hingga Rp 50 juta dengan bunga 8,4 persen per tahun atau 0,7 persen menurun per bulan," kata Suyatna.

Melalui program ini, Suyatna menambahkan KSP Guna Prima Dana beserta anggota ikut berkontribusi menjaga lingkungan di Bali khususnya, sebab sektor pariwisata sebagai unggulan tentu harus di dukung dengan lingkungan yang asri dan hijau, sehingga wisatawan yang datang merasa nyaman. (jhon)


TAGS :

Komentar