DPRD Gianyar Apresiasi Donor Darah Sukarela yang Digelar Perbekel Desa Medahan

  • 05 Agustus 2020 16:00 WITA
-

Gianyar, BaliBanknews-

Perbekel yang dikenal dengan terobosan dan inovasinya ini berinisiatif melaksanakan kegiatan donor darah sukarela di kantor Perbekel Desa Medahan Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Kamis (6/8/2020). Disaat stok darah Palang Merah Indonesia(PMI) Gianyar menipis, Wayan Buana melakukan aksi yang sangat mulia.


Perbekel Desa Medahan Wayan Buana juga ikut mendonorkan darahnya, kegiatan ini pun mendapat apresiasi Ketua Komisi IV DPRD Gianyar Ni Made Ratnadi. Donor darah sukarela yang kali pertama dilaksanakan ini disambut antusias oleh 200 orang pendaftar. Namun karena alasan kesehatan yang berhak mendonorkan darahnya sebanyak 87 orang. 


Menurut Buana, donor darah adalah bagian dari Yadnya atau pengorbanan suci karena setetes darah sangat berguna  menyambung hidup bagi yang memerlukan. 


Ia pun menyampaikan, kegiatan donor darah yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19 tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan dengan pengecekan suhu tubuh serta menjaga jarak pendonor.


Mengapa memilih melakukan kegiatan donor darah? Buana mengakui jika informasi yang didapat, stok darah PMI menipis. "Sehingga kami berinisiatif melaksanakan donor darah sukarela sekaligus edukasi kepada masyarakat bersama -sama membangun rasa kekeluargaan dan kepedulian sosial," jelasnya.


Ia yang juga merupakan pendonor aktif, hingga 33 kali mendonorkan darahnya mengaku ke depan pihaknya akan membentuk wadah atau organisasi permanen di Desa Medahan untuk pendonor. Organisasi tersebut nantinya akan mengklasifikan per golongan darah untuk mempermudah jika ada warga yang membutuhkan darah.


"Saat ada masyarakat yang membutuhkan darah, tinggal kita panggil (telpon)  pendonor sesuai golongan darah yang diperlukan. Masyarakat itu kan warga Desa Medahan juga sehingga mereka dapat saling membantu," katanya.


Menurut Buana, donor darah yang akan dilaksanakan secara rutin setiap tiga bulan ini adalah sebagai bentuk kepedulian kepada warga Desa Medahan khususnya ibu-ibu hamil dan Posyandu pun memerlukan stok darah.


"Saat ini terdapat 52 ibu hamil yang wajib kami siapkan darah dalam persalinannya, minimal 2 kantong darah" tegas Wayan Buana


Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Gianyar, Ni Made Ratnadi yang berkesempatan hadir dalam kegiatan donor darah tersebut memberi apresiasi. Menurut dia, kegiatan ini merupakan langkah maju yang digagas Perbekel Medahan.


Srikandi PDI Perjuangan peraih suara tertinggi di Pileg 2019 lalu yakni mencapai 13767 suara ini menyampaikan, kegiatan donor darah tersebut sungguh luar biasa. "Kita ketahui stok darah menipis, tidak sedikit masyarakat yang takut mendonorkan darahnya karena adanya Covid-19. Saya sebagai ketua komisi yang membidangi kesehatan, mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada masyakat Desa Medahan, dan semoga desa lain di Gianyar dapat mengikuti langkah Perbekel Medahan untuk memenuhi stok darah," katanya. (Yes)


TAGS :

Komentar