Permudah Pelayanan ke Masyarakat Prebekel Duda Timur Siapkan Aplikasi Sm@rt Desa dari tahun 2017

  • 27 Juli 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Guna memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, Desa Duda Timur siapkan aplikasi Sm@rt Desa dari tahun 2017. Demikian diungkapkan, Prebekel Duda timur yang juga selaku 
Ketua Forum FORKOM Prebekel Bali, I Gede Pawana, SaG, M.Fil.h.
Ketika di temui BaliBanknews, Selasa (27/7/2021) di Kantor Prebekel setempat.

Pawana lebih jauh mengungkapkan, awal adanya Sm@rt Desa karena erupsi Gunung Agung, pihaknya ingin mencari titik lokasi warga. Karena, warga mengungsi di seluruh Bali, sehingga menyulitkan pihaknya mendistribusikan bantuan. "Akhirnya dengan karang taruna menxoba mencari alternatif lain, maka terciptalah aplikasi Sm@rt Desa ini bekerjasama dengan provider untuk mengelinkkan ini dengan bantuan," ucapnya.

Pawana menuturkan, setelah program itu jadi lebih berkembang lagi, bukan hanya mencari titik lokasi warga saja, namun digunakan untuk mempermudah pelayanan kepada warga, akhirnya dibuat lagi rancangan dengan perangkat Desa dengan BPD maka munculah beberapa pelayanan mulai dari pelayanan pembuatan surat, sehingga warga yang merantau tidak lagi datang ke kantor desa.

"Kita saat itu menggunakan barcode dan belum lumrah seperti sekarang. Saat ini pandemi covid aplikasi ini sangat berguna untuk mengurangi kerumunan di kantor karena pelayanan kita sudah berbasis online," ucapnya.

Lebih jauh dituturkannya, keluhan warga dan kendala bisa diketahui. Dan melalui aplikasi ini perangkat desa juga dengan mudah mendata siapa saja warga yang mendapatkan bantuan dan sebagainya. 

"Warga yang memiliki aplikasi ini sudah mengetahui dan tidak bertanya lagi APBD nya berapa, dipergunakan untuk apa dan itu semua sudah bisa diakses melalui aplikasi Sm@rt Desa ini," ujarnya.

Pawana mengatakan, partisipasi hampir 900 KK sudah masuk ke data. Ini sangat mempermudah dalam bekerja dan memantau warga. Yang membutuhkan donor darah juga semakin cepat karena bisa diperoleh di aplikasi ini," ucapnya.

Dengan adanya Sm@rt Desa ini, diakuinya dengan keterbukaan informasi Desa Duda Timur juara pertama tingkat provinsi Bali  saat itu dan tingkat komunikasi semakin baik dan bagus. "Tingkat komunikasi prebekel dengan masyarakat dengan adanya aplikasi ini sangat bagus," ucapnya.

Pawana lebih jauh mengatakan, Desa Duda Timur mendaftarkan ke HAKI dan menjadi satu-satunya desa  di Indonesia yang mencetak rekor Muri dalam penyediaan pelayanan aplikasi ini.

Ia berharap dengan adanya aplikasi ini akan semakin mempermudah pelayanan kepada masyarakat dan masyarakat lebih dimudahkan dalam mengurus apapun, apalagi ditengah situasi pandemi seperti sekarang ini. (yess)


TAGS :

Komentar