Sinergi Program LPD Sogra dg Proteksi8, Nasabah Meninggal Dapat Santunan

  • 28 September 2021 00:00 WITA

Amlapura, Balibanknews -
LPD Desa Adat Sogra, Kecamatan Selatan, Karangasem punya program proteksi. Setiap nasabah yg ikut program bisa mendapakan manfaatnya simpanan di kembaliakn plus bunga 8% setelah 8 tahun dan kalau meninggal dunia mendapat santunan yg nilainya sangat membantu ahliwarisnya

 Pamucuk LPD Sogra, I Wayan Putra pada BaliBanknews pada Senin/ 27/9/2021 di kantor LPd setempat mengatakan  ini salah satu nasabahnya menerima santunan kematian ini. Secara otomatis telah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memproteksi diri secara finansial. Dikatakan, program proteksi ini Bekerjasama dengan premi tahunan sesuai umur dan kemampuan selama 8 tahun.

"Untuk nasabah kami dengan ahli waris Ni Wayan Sri asal Banjar Dinas Sebudi, baru membayar sebanyak 3 kali sebesar Rp 2.023.000 setiap thun sekali. Saat terjadi resiko meninggal dunia, keluarga yang bersangkutan mengajukan klaim. Nominalnya yang didapatkan Rp 100 juta," ujarnya.

Menurutnya, perlindungan asuransi dalam situasi pandemi maupun tidak pandemi sangat penting. "Masyarakat sangat butuh asuransi, karena itu peper aset," ujarnya. Masa pengajuan permohonan klaim pun, diperkirakan sekitar 1 sd  3 bulan pasca meninggal dunia. "Pengajuan sampai dana masuk rekening nasabah, terangnya. 

Wayan Putra menegaskan, nasabah LPD yang ikut asuransi sangat meringankan lembaga. Apalagi nasabah yang memiliki kewajiban semisal kredit. "Sangat diringankan, terutama untuk nasabah punya kewajiban di LPD, ahli waris juga terbantu," ujarnya. Program proteksi ini pula sekaligus menjadi salah satu cara meyakinkan masyarakat akan pentingnya proteksi. "Karena dalam situasi normal pun setiap orang butuh, tinggal sekarang bagaimana lakukan pelayanan apa yang dibutuhkan bisa tersentuh. Sehingga masyarakat bisa merasakan menikmati apa yang dijanjikan, yang jadi komitmen" paparnya. 

Harapannya bagaimana memasyarakatkan manfaat proteksi  di masyarakat. LPD teruslah menjadi prantra bagi masyarakat, ke depan saling bermanfaat diantara masyarakat selaku nasabah," harapnya. Sementara itu, LPD dalam situasi pandemi, kata Wayan Putra semua lembaga alami kendala

"Saya kira hal wajar dalam situasi begini," ujarnya. Menyebabkan, aset LPD Sogra saat ini sekitar Rp 78 Milyar, Laba tahun ini masih Rp 1 milyaran. "Optimis selalu hadapi pandemi. Kami selalu ada di tengah masyarakat dalam situasi apapun. Bagaimana menjalin komunikasi sebagai lembaga yang layani masyarakat," pungkasnya.(yess)


TAGS :

Komentar