LPD Desa Adat Selatnyuhan Punia Kebo Saat Upacara Balik Sumpah Mapadudusan di Pura Kahyanagan Tiga

  • 28 September 2021 00:00 WITA

Bangli, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Selatnyuhan tidak hanya berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan krama dan pembangunan di desa adat, namun juga disaat upacara balik sumpah mapedudusan di Pura Kahyangan Tiga, LPD mepunia seekor kerbau.

Pemucuk LPD Desa Adat Selatnyuhan, I Dewa Ketut Wenten ketika di temui BaliBanknews pada Selasa, 28/9/2021 di kantor LPD setempat mengungkapkan dalam situasi saat ini LPD Selatnyuhan masih bisa beryadnya berupa punia. Dimana dalam satu tahun ini sudah dua kali LPD mepunia yakni di Pura Puseh dan Pura Dalem. Dimana punia tersebut diambil dari dana sosial LPD dengan nilai Rp 20 juta untuk kebo di Pura Puseh dan juga anggaran dari dana pembangunan. 

"Total LPD mepunia untuk di Pura Dalem dan pura puseh  adalah sekitar Rp 50 juta . Diambil dari dana sosial, dana pembangunan," ucapnya.

Wenten mengungkapkan, LPD merupakan lembaga adat milik krama. Dengan hadirnya LPD banyak manfaat yang diperoleh baik oleh krama, untuk masyarakat dan juga untuk yadnya.

"Saat ini situasi covid ini sangat susah mencari laba. Yang penting kita bisa beryadnya dan memberikan kesejahteraan karyawan dan juga manfaat ke krama," ucapnya.

Wenten lebih jauh mengungkapkan, pengelola sangat bersyukur LPD Selatnyuhan masih bisa eksis. Bahkan, LPD berpartisipasi langsung di depan disaat upacara keagaman di Desa Adat Selatnyuhan terutama dari material meskipun sedikit.

"Pada dasarnya kita berbangga yang penting kita sudah berbuat baik dan berbuat jujur. Dengan keberadaan LPD kita sudah memberikan kontribusi nyata," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya berjuang, berdoa dan berusaha masalah hasil itu belakangan. Terpenting diakuinya pihaknya bisa memberikan yang terbaik kepada krama. 

"Tri Hita Karana harus kita pedulikan,  itu Hal itu saya jalankan sesuai dengan kebijakan yang saya ambil. Saya bangga bekerja di LPD karena bisa berkontribusi langsung kepada krama dan desa adat terumata dalam beryadnya," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar