Majukan Dunia Pendidikan, LPD Sekardadi Ajak Anak-anak TK dan SD Manabung

  • 28 September 2021 00:00 WITA

Bangli, BaliBanknews -
Dalam mengemakan gerakan menabung sejak dini dan juga untuk memajujan dunia pendidikan, LPD Desa Adat Sekardadi yang ada di kecamatan kintamani Kabupaten Bangli  mengajak anak-anak TK dan SD untuk menabung.

Pemucuk LPD Desa Adat Sekardadi,I Wayan Dana ketika Di temui BaliBanknews pada Selasa, 28/9/2021 di kantor LPD setempat
mengungkapkan, dimasa pandemi LPD menyiapkan likuiditas lebih dari 30 persen. Bahkan, disaat tidak pandemi bisa menyiapkan likuiditas lebih.

Menurutnya, anak-anak sekolah bisa bersinergi dengan LPD, dimana anak-anak sekolah bisa menabung di LPD. Antusiasme anak-anak sekolah untuk menabung cukup bagus di LPD Sekardadi.

"Kegaiatan LPD melalui dana sosial ada untuk sekolah. Anak-anak sekolah bisa menabung di LPD. Keuntungan LPD juga untuk sekolah. LPD juga menyediakan dana untuk kenaikan kelas dalam bentuk menyediakan konsumsi, dimana sebelumnya hadiah," ucapnya.

Dana lebih jauh mengungkapkan, LPD memiliki jenis tabungan untuk anak sekolah yakni tabungan siswa. Ada yang berjangka dan harian. Bahkan tabungan anak-anak TK saja tabungannya bisa mencapai total Rp 100 juta, untuk anak SD tabungannya bahkan lebih banyak.

"Kontribusi kita ke TK sewaktu-waktu salah satunya pembangunan fisik, begitu juga penyediaan toilet untuk SD, LPD juga memberikan sumbangan dimana bekerjasama dengan desa adat," ucapnya.

Diakuinya, LPD tidak hanya mencari profit, namun bagaimana memberikan manfaat kepada masyarakat. Sehingga, LPD mengajari anak-anak untuk gemar menabung. Sehingga, menanam prinsip menabung di LPD sejak dini.

"Sebagai bentuk perkenalan LPD kepada anak-anal sejak dini, sehingga LPD tetap eksis di desa adat. Program tabungan anak sekolah ini sudah ada sejak 2001," ucapnya.

Lebih jauh diakuinya, selama pandemi ini, tabungan anak-anak sekolah tidak ada, namun ada beberapa yang menabung langsung ke LPD. Hal itu karena belum dibukanya sekolah tatap muka.

Ditambahkannya, hingga September 2021 LPD Sekardadi beraset mencapai Rp 35 miliar dan laba mencapai Rp 400 juta. 

"Tentunya kita sangat bersyukur di mana di tengah  masih bisa raih laba dan tentunya berkat dukungan kepercyaan serta partisipasi seluruh krama adat Sekardadi," ucapnya.


Bendesa Adat Sekardadi, I Nengah Madria yang juga selaku Ketua Badan Pengawas LPD Sekardadi
mengapresiasi positif program-program yang dijalankan LPD, dalah satunya dengan memperkenalkan menabung sejal dini kepada anak-anak sekolah mulai TK hingga SD. 

Dan ini diakuinya memupuk juga fanatisme sejak kecil untuk memperkenalkan LPD kepada anak-anak disekolah, sebab setelah mereka bekerja akan tetap setia memanfaatkan produk-produk LPD Sekardadi.

"Mari kita bersama-sama memajukan LPD ini biar tetap ajeg di Desa Adat Sekardadi," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar