LPD Desa Adat Sibangkaja Mepunia Saat Upacara Nyekah Masal

  • 01 Oktober 2021 00:00 WITA

Mangupura, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Sibangkaja memberikan punia disaat kegiatan upacara nyekah masal yang dilaksanakan di Desa Adat Sibangkaja.

Pemucuk LPD Desa Adat Sibangkaja, I Made Sudana,SH., ketika ditemui BaliBanknews pada Jumat, 01/10/2021 di kantor LPD setempat mengungkapkan punia kegiatan nyekah masal saat ini merupakan yang ke empat kali dilaksanakan dimana merupakan program desa adat. Kontribusi LPD setiap kegiatan upacara tetap mepunia, bahkan meskipun situasi dan kondisi saat ini, LPD Sibangkaja bisa tetap mepunia meski jumlahnya tidak terlalu besar.

"Kegiatan nyekah masal diikuti 88 sawe dimana LPD mepunia sebesar Rp 25 juta dan pajeng 90 buah dan karyawan LPD mepunia 25 dus air mineral," ucapnya.

Sudana mengungkapkan, pertama kali dilaksanakan nyekah masal di Desa Adat Sibangkaja, LPD mepunia sebesar Rp 100 juta. Punia yang diberikan tergantung kemampuan LPD. 

Ia berharap, kedepan kegiatan-kegiatan seperti ini tetap diprogramkan. Disamping sangat efisien juga meringankan beban masyarakat apalagi ditengah kondisi pandemi seperti sekarang ini. Kedepan, pihaknya ingin membuat suatu produk yang mampu mengcover biaya nyekah masal di Desa Adat Sibangkaja. 

"Nanti kita masih mengembangkan rencana tersebut. Krama cukup hanya sekali menyetor per KK," ucapnya.

Ia mengungkapkan, untuk merealisasikan program tersebut, LPD masih berkoordinasi dengan Bendesa Adat. Program ini sebelumnya sudah dirancang, karena situasi maka diundur. Ia berharap mudah-mudahan situasi cepat kembali normal.

"Punia ini sebagai manfaat yang bisa diberikan oleh LPD kepada krama. Sehingga saya berharap LPD tetap ajeg. Saat ini kredit bisa tetap berjalan seperti biasa untuk krama. Dimana saat ini belum ada pembatasan kredit, sesuai dengan kemampuan LPD," ucapnya.

Pihaknya tetap melakukan koordinasi jiga kepada Badan Pengawas LPD dalam.penyaluran kredit untuk meminimalisir permasalahan.

LPD Sibangkaja saat ini beraset Rp 121  miliar lebih dimana laba diharapkan bisa mencapai Rp 1 miliar di tahun ini.

Bendesa Adat Sibangkaja, I Made Ciriartha S.Pd., yang juga Ketua Badan Pengawas LPD Sibanggkaja mengapresiasi positif peran LPD ikut terlibat dalam berbagai kegiatan di Desa Adat Sibangkaja salah satunya yakni punia disaat upacara nyekah masal.

Hal itu dikatakannya sebagai bentuk partisipasi LPD guna memberikan manfaat langsung kepada krama guna meringankan beban krama dalam kegiatan upacara manusia yadnya.

"Maka itu kami berharap masyarakat semakin meningkatkan perannya dalam memanfaatkan produk-produk LPD maupun melaksanakan kewajiban sesuai dengan kemampuan. Karena LPD merupakan lembaga adat milik krama dan keuntungan yang diperoleh akan dikembalikan ke desa adat dalam bentuk dana pembangunan dan dana sosial," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar