LPD Desa Adat Manggis Tetap Eksis, Siapkan Likuiditas 30 Persen Dimasa Pandemi

  • 01 Oktober 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Manggis tetap eksis dan di masa pandemi covid-19 menyiapkan dana likuiditas hingga 30 persen.

Pemucuk LPD Desa Adat Manggis,  Drs I Wayan Putra di dampingi Ni Luh Taman Astrini, selaku Penyarikan LPD Manggis serta  Ni Kadek Sri Ariani, selalu Patengen LPD Manggis ketika di temui BaliBanknews pada Rabu, 30/9/2021 di kantor LPD setempat
mengungakapkan, saat ini yang terpenting dimasa pandemi adalah menjaga likuiditas. Dimana LPD Manggis saat ini menyiapkan likuiditas hingga 30 persen. 

"Menjaga likuiditas yang kami kedepankan disaat pandemi seperti sekarang ini dari aset LPd  saat ini Rp 40 miliar. Hanya saja untuk kredit terkena dampak," ucapnya.

Dikatakannya, kredit yang kurang baik dilakukan penjajakan ke krama. Selain memberikan keringanan kepada krama. Dimana penyelesaian kredit bermasalah dilakukan dengan cara kekeluargaan. 

Lebih jauh dikatakannya, kredit hampir 50 persen lebih terserap ke sektor pariwisata. Krama yang ingin membayar kredit bisa bayar bunga atau dibagi antara pokok dan bunga kredit. 

"Berapapun dibayar bisa, karena melihat situasi seperti sekarang ini," ucapnya.

Dikatakannya, dibukanya pariwisata tentu membawa dampak positif terhadap LPD. Sebab, krama yang bekerja di sektor pariwisata kembali bergairah.

Aset LPD hingga September tahun 2021 mencapai Rp 40 miliar ini patut disyukuri di mana  Krama manggis masih memberikan kepercayaan pengelolaan dana tetap di LPD untuk itu kedepanya diharapkan kepercayaan dan kerjasama ini dpat terus terjalin. Terkait dana Likwiditas kita di LPd manggis kita tetap mempercayakan pada Bank BPd Bali capem Candidasa dan kas Ulakan  di mana hingga September total dana kita di BPd mencapai Rp 12 miliar lebih ucapnya.

"Krama kita harapkan dapat  melaksanakan kewajibannya sesuai dengan kemampuan serta meningkatkan peran serta dalam memanfaatkan produk-produk di LPD Manggis," harapnya.

Ditambahkannya, koordinasi dengan badan pengawas saat ini sangat bagus. Apalagi ditengah pandemi saat ini tentu dituntut kerja yang lebih ektra agar LPD tetap bertahan dan makin eksis di desa adat.


Bendesa Adat Manggis, I Wayan Reni yang juga selaku Ketua Badan Pengawas LPD Desa Adat Manggis
mengapresiasi eksisnya LPD Manggis ditengah pandemi saat ini.

Reni berharap, krama semakin meningkatkan perannya dalam memanfaatkan produk-produk LPD. Sebab berkembangnya LPD berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan krama dan pembangunan di Desa Adat Manggis. (yess)


TAGS :

Komentar