LPD Desa Adat Nusasari Bertahan Dimasa Pandemi, Ajegkan Adat dan Budaya Bali

  • 12 Desember 2021 00:00 WITA

Jembrana, BaliBanknews -
Ditengah pandemi covid-19, LPD Desa Adat Nusasari tetap mampu bertahan serta tetap ajegkan Adat, tradisi dan budaya Bali.

Pemucuk LPD Desa Adat Nusasari, I Putu Eka Gede Pastika,SE., ditemui BaliBanknews Senin  13/12/2021 di kantor LPD setempat mengungkapkan
ditengah pandemi semua terdampak, namun LPD Nusasari meski semuanya rencana kerja tidak tercapai hanya penurunan 3 persen. Bagaimana masyarakat tetap berupaya dimana bergerak di sektor pertanian dimana krama banyak memiliki lahan di luar Bali seperti Sumatera dan Kalimantan jadi dalam kaitan upaya pembayaran kredit masih bisa dilakukan oleh mereka.

"Hanya saja masyarakat yang bekerja di sektor pariwisata sangat terasa dampaknya. Kami memberikan kelongaran pembayaran kredit baik bunga maupun pokonya saja," ucapnya.

Lebih jauh diungkapkannya, kerjasama dan koordinasi dengan Badan Pengawas yakni Jro Bendesa sangat baik dan terus dilakukan. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan untuk membantu masyarakat, dan juga melakukan kegiatan paruman di masing-masing banjar. 

"Meskipun pandemi membuat masyarakat secara ekonomi berat, namun setidaknya tidak berpengaruh terhadap sektor pertanian. Sektor tersebut yang membuat LPD masih tetap bertahan," ujarnya.

Ia berharap, LPD secara umum makin berkontribusi besar terhadap desa adat dalam mengajegkan adat, seni dan budaya serta agama. "Semua masyarakat bagaimana memahami peran dan fungsi keberadaan LPD. Dimana LPD adalah milik krama yang memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan juga pembangunan di Desa Adat Nusasari yang berlandaskan konsep Tri Hita Karana," ucapnya.

Dikatakan, saat ini LPD Nusasari beraset Rp 30 miliar dan dari kesepakatan rencana   laba LPD  bisa  tercapai Rp 902  juta. Ia optimis hingga akhir tahun taget laba bisa tercapai.

"Astungkara dengan dukungan masyarakat dalam memanfaatkan secara maksimal produk-produk yang ada di LPD Nusasari serta peran serta dalam melaksanakan kewajibannya, kami yakin laba akan tercapai di akhir tahun," harapnya. (yess)


TAGS :

Komentar