LPD Desa Adat Waringin Berikan Kontribusi Nyata ke Desa Adat dan Krama

  • 13 Desember 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
LPD adalah lembaga adat milik krama yang keberadaanya untuk peningkatan kesejahteraan krama dan juga pembangunan di desa adat. Seperti halnya LPD Desa Adat Waringin di kecamatan Rendang  yang selama ini memberikan kontribusi nyata ke Desa Adat dan krama Waringin.

Pemucuk LPD Desa Adat Waringin, I Ketut Muka Ketika ditemui BaliBanknews Senin,13/12/2021 di kantor LPD  setempat
mengungkapkan LPD Waringin berkontribusi saat upacara keagamaan balik sumpah yang akan di laksanakan bulan Januari tahun 2022  sebesar Rp 50 juta. 

"Mudah-mudahan masyarakat tetap mempercayakan produk-produk yang ada di LPD Waringin. Sehingga LPD bisa tumbuh dan memberikan kontribusi lebih kepada desa adat maupun krama," ucapnya.

Lebih jauh diungkapkannya, untuk menjaga kepercayaan krama, LPD terus melakukan sosialisasi ke masyarakat melalui rapat-rapat banjar maupun adat serta  disaat pembagian sembako.

"Jangan mendengarkan isu negatif yang berkembang saat ini terhadap lembaga keuangan ditengah masa pandemi ini. LPD Waringin tetap bisa bertahan bahkan berkontribusi saat ini dalam kegiatan upacara agama," ucapnya.

Dikatakannya, LPD Waringin dari berdirinya sampai saat ini terus memberikan kontribui sebesar 20 persen dari laba ke Desa Adat Waringin. Begitu juga LPD memberikan sembako setiap tahunya  kepada krama disaat hari Raya Nyepi untuk orang tua jumpo, berupa beras, minyak dan mie instan dengan nilai Rp 135 ribu. 

Lebih jauh dikatakannya, disasarnya orang tua jompo maupun hidup sendiri sebatang kara bertujuannya memberikan manfaat juga kepada mereka. 

"Orang tua jompo diberikan sebagai bentuk perhatian LPD. Selain itu setiap krama yang sakit dan opname selama tiga hari diberikan bantuan Rp 500 ribu," ujarnya. 

Menurutnya, begitu juga bagi krama yang meninggal diberikan dana berupa uang Rp 300 ribu dan aban-aban dalam bentuk barang senilai Rp 50 ribu,kita juga memberikan perhatian pada seka teruna teruni setiap ada kegiatan yang di laksanakan serta  juga perhatian kepada TK setiap tahunnya.

"Semua itu bentuk perhatian LPD Waringin kepada Desa Adat maupun krama. Maka untuk itu mari lebih optimal memanfaatkan produk-produk LPD Waringin," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar