LPD Desa Adat Kedisan Tetap Eksis Dipercaya Krama, Rencanakan Dana Duka Bagi Krama

  • 14 Desember 2021 00:00 WITA

Bangli, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Kedisan di kecamatan Kintamani Bangli tetap.eksis dipercaya penuh krama. Bahkan berencana memberikan dana duka bagi krama yang meninggal dunia.

Pemucuk LPD Desa Adat Kedisan Kintamani Bangli, I Wayan Respa didampingi I Nyoman Narsa selaku Penyarikan LPD Kedisan serta Ni Wayan Rijek Riasa yang juga selaku Petengen LPD Kedisan ketika ditemui BaliBanknews Selasa, 14/12/2021 di kantor LPD setempat di Kintamani mengungkapkan bahwa LPD berkontribusi saat piodalan di Pura Dalem Pingit dimana setahun sebesar Rp 1 juta. Begitu juga dengan dana pendidikan juga kita berkontribusi juga pada piodalan di Pura Bale Agung, LPD juga mepunia.

"Meski nilai tidak seberapa namun ini ungkapan manfaat adanya LPD sebagai lembaga adat milik krama," ucapnya.

Lebih jauh diakuinya, di Desa Kedisan ada 600 KK, dimana kebanyakan bekerja di Badung. Masa pandemi ini LPD juga terjadi penurunan laba dibanding sebelum.pandemi. Banyak masyarakat yang terdampak covid dan kehilangan pekerjaan, sehingga berpengaruh terhadap pendapatan bunga kredit. 

"Kami memberikan keringanan untuk.pembayaran kredit. Dimana krama bisa membayar bunga maupun pokok saja, sesuai kemampuan krama," ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, meski demikian LPD Kedisan masih tetap eksis dan aset tetap bertahan, dimana LPD memberikan pelayanan terbaik kepada krama. Bahkan. LPD Kedisan juga sudah dibentengi oleh pararem. 

Menurutnya, peran serta badan pengawas juga membuat LPD tetap eksis. Dimana koordinasi pengurus LPD dengan badan pengawas sangat bagus dibawah pimpinan Bendesa Adat Kedisan Jero Nyarikan Jembawa. 

Lebih jauh menurutnya, Badan pengawas tetap melakukan pengawasan dengan intensif demi tetap ajegnya LPD di Desa Adat Kedisan.

"LPD berusaha terus memberikan manfaat kepada masyarakat. Karena LPD merupakan milik krama. Kedepan kami berencana membuat program dana duka dan membuat gebyar," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar