BKS LPD Badung Gelar Seminar "Bangkit Dimasa Pandemi"

  • 15 Desember 2021 00:00 WITA

Badung, BaliBanknews -
BKS LPD Kabupaten Badung menggelar kegiatan seminar bersama LPD se-Kabupaten Badung yang diikuti 70 LPD, Rabu 15/12/2021 di Hotel Neo Denpasar. 

Kegiatan yang bertema "Bangkit Dimasa Pandemi" ini jiga dihadiri Kepala Bank BPD Bali Cabang Badung dan Cabang Mangupura. 

Ketua BKS LPD Kabupaten Badung, I Wayan Budha Artha, SE,MM., yang juga selaku Pemucuk LPD Desa Adat Kuta didampingi Drs Ketut Rana,MM., selaku Sekretaris BKS LPD Badung Serta I Wayan Sukarma, SE., selaku Bendahara BKS LPD Kabupaten Badung mengungkapkan, di akhir penghujung tahun 2021 kegiatan ini merupakan Tutup Buku BKS LPD Kabupaten Badung tahun 2021. Sekaligus bertujuan untuk temu kangen antar LPD di Badung.

"Kegiatan ini juga dalam rangka menyikapi dampak covid-19. Dimana dampaknya harus dicarikan langkah-langkah di tahun 2022," ucapnya.

Dengan kondisi seperti sekarang, tentu dirasakan sangat berat, sehingga diperlukan pencerahan dalam menghadapi kondisi ekonomi yang semakin sulit. Meski demikian diharapkan LPD optimis untuk bisa survive di tahun mendatang. 

"Kegiatan ini didukung penuh  oleh Bank BPD Bali Cabang Badung dan Cabang Mangupura," ucapnya.

Dikatakan, kegiatan ini juga dirangkai dengan seminar motivasi yang bersifat spiritual. Sehingga bisa memberikan penyegaran pada pemucuk LPD se-Kabupaten Badung.

Kadis Kebudayaan Badung, I Gede Eka mengungkapkan kegiatan ini merupakan temu kangen diantara seluruh Pemucuk LPD se-Kabupaten Badung.

"Acara ini sangat bermanfaat sekali bagi kita semua, bagaimana LPD itu dapat sebagai wadah atau penggerak bagi masyarakat adat di Badung maupun Bali dalam rangka mendorong perekonomiannya," ucapnya.

Lebih jauh Eka mengungkapkan, bahwa sebelumnya pembinaan LPD di kabupaten Badung diselenggarakan oleh Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Badung, namun berdasarkan Peraturan Mendagri No 90 Tahun 2019 maka tugas dan fungsi pembinaan dan pengayoman diarahkan ke Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung.


Sementara itu, dr. I Wayan Mustika selaku Motivator Spiritual dalam kegiatan ini mengatakan bahwa semua LPD itu akan mampu melewati situasi seperti saat ini. Apapun permasalahan yang dihadapi selama tetap memiliki harapan dan semangat, serta berani melakukan tindakan-tindakan sesuai dengan solusi yang berhasil ditemukan.

"Jadi intinya adalah selama kita masih berani menghadapi kenyataan. Berani keluar dari masalah maka semua masalah akan terlewati. Tidak ada kehidupan tanpa.masalah. Tetapi orang-orang yang tidak mampu melewati masalah kehidupan adalah karena ketakutan menghadapi masalah dan melewati masalah itu. LPD akan menemukan jalannya sendiri," ucapnya.

Ia berharap LPD tetap semangat dan lewati semua karena LPD harus tetap menjadi soku guru perekonomian di desa adat, karena selama LPD terus berkembang maka perputaran ekonomi di desa adat akan tetap terjaga. (yess)


TAGS :

Komentar