Koperasi Kuta Mimba Gelar Gebyar Akhir Tahun Sekaligus Peringatan Harkop Ke 74

  • 17 Desember 2021 00:00 WITA

Mangupura, BaliBanknews -
Koperasi Kuta Mimba mengadakan Gebyar Akhir Tahun sekaligus mengakhiri peringatan Harkop ke-74. Kegiatan ini juga dirangkai dengan kegiatan Diklat Anggota, Jumat 17/12/2021 di Kantor Pusat Koperasi Kuta Mimba, Jl. Sriwijaya 18,Legian,Kuta-Badung.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Dekopinwil Bali, Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Bali, I Wayan Mardiana, Pengurus Koperasi Kuta Mimba serta anggota diklat.

Ketua Koperasi Kuta Mimba, I Nyoman Widya Arta mengungkapkan, kegaiatan ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada anggota dan masyarakat yang tetap memberikan kepercayaan besar kepada Koperasi Kuta Mimba dalam penempatan dana.

Kegiatan yang bertema "Tata Kelola Koperasi Modern Sebagai Upaya Meningkatkan Layanan untuk Mempercepat Proses Pemulihan Ekonomi Anggota" ini juga sebagai rangkaian kegiatan peringatan Harkop ke-74 di Koperasi Kuta Mimba yang puncaknya dilaksanakan hari ini.

"Koperasi Kuta Mimba yang terdepan dalam menerapkan layanan digital koperasi menjadi strategi kami sebagai koperasi modern, sehingga memiliki daya saing dalam memberikan layanan kepada anggota terutama di masa pandemi covid-19 yang dituntut serba online," ucap Widya Arta.

Menurutnya, Koperasi Kuta Mimba menjadi Koperasi Modern menunjukkan bahwa Koperasi Kuta Mimba adapted terhadap perubahan, sehingga terus menata diri didalam tata kelola dan memenuhi tuntutan layanan saat ini, sehingga mampu berperan dalam pemberdayaan ekonomi anggota dan masyarakat.

"Penerapan tata kelola secara online yang sudah kami laksanakan sejak 2013 terus dilakukan pengembangan memenuhi kebutuhan internal sebagai tata kelola koperasi yang baik dan memenuhi kebutuhan layanan saat ini," kata Widya Arta.

Widya Arta lebih jauh mengatakan, di masa pandemi ini, Koperasi Kuta Mimba sampai saat ini tetap eksis memberikan layanan simpan pinjam kepada anggota.

Meski aset menurun namun dikatakannya perputaran kas masih sangat baik. Itu berkat partisipasi anggota dan masyarakat yang luar biasa memanfaatkan layanan yang sudah mampu diberikan Koperasi Kuta Mimba berupa Aplikasi Layanan Kuta Mimba Mobile.

"Saat ini penyaluran pinjaman kepada anggota masih berjalan seperti biasa walau dengan sangat selektif mengutamakan pinjaman anggota yang dimanfaatkan untuk usaha produktif guna mendorong pemulihan ekonomi," ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, layanan penarikan uang tetap diarahkan untuk memanfaatkan Aplikasi Kuta Mimba Mobile dengan batas penarikan Rp 5 juta per hari melalui ATM semua Bank terutama ATM Bank Permata dan Bank BPD Bali untuk tidak kena biaya, karena sudah melakukan kerjasama API Bank dengan Koperasi Kuta Mimba.

Koperasi Kuta Mimba sebagai koperasi yang diamanatkan UU No.25 Tahun 1992 yang seutuhnya milik anggota dan benar-benar memperjuangkan kesejahteraan anggota. Mengutamakan memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh anggota.

Disamping layanan Aplikasi Kuta Mimba Mobile, Koperasi Kuta Mimba juga memberikan manfaat lainnya seperti santunan kematian untuk anggota sampai Rp 10 juta. Fasilitas BPJS Ketenagakerjaan BPU gratis bagi anggota yang partisipasinya memenuhi, selain juga memfasilitasi anggota dan masyarakat untuk mendapatkan manfaat BPJS Ketenaga Kerjaan BPU melalui Kantor Perisai Kuta Mimba serta banyak manfaat berkoperasi lainnya dan akan terus ditingkatkan berdasarkan partisipasi anggota dan kemampuan koperasi.

Saat ini jumlah anggota Koperasi Kuta Mimba sebanyak 7.422 orang, aset sebesar Rp 184.515.912.046, serta pinjaman yang diberikan mencapai Rp 131.841.073.138.

Kadiskop UKM Provinsi Bali, I Wayan Mardiana, mengatakan selaku pembina koperasi, pihaknya memberikan apresiasi kepada Koperasi Kuta Mimba telah melaksanakan kegiatan pengundian berhadiah dan Diklat Koperasi untuk anggotanya.

Diakuinya, Koperasi Kuta Mimba terus mengalami peningkatan dan menjadi Koperasi Modern sehingga diharapkan makin bertumbuh positif dan memberikan kesejahteraan bagi anggota.

"Dari segi layanan terus meningkat, ini menandakan Koperasi Kuta Mimba semakin maju. Ini merupakan keberhasilan para pengurus dalam mengelola koperasi dengan dukungan penuh semua anggotanya," pungkasnya. (jhon) 


TAGS :

Komentar