Tokoh Sukawati, I Kadek Diana,SH., Berharap Prajuru Baru Sukawati Lebih Maju dan Berkembang

  • 21 Desember 2021 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
I Kadek Diana,SH., salah satu tokoh masyarakat di Desa Adat Sukawati yang juga sekaligus Anggota DPRD Provinsi Bali berharap Jero Bendesa yang baru dan jajarannya untuk menjaga Sukawati untuk lebih maju dan berkembang.

"Desa Sukawati merupakan desa tua, merupakan pusat kerajaan Sukawati dan memiliki peradaban yang adi luhung, ada sebelum ditempat lain serta merupakan keungulan dan keistimewaan Desa Sukawati," ucapnya.

Kadek Diana mengungkapkan, itu sebagai modal dalam membangun Sukawati kedepannya. Hal-hal yang sudah baik dipertahankan tradisi, seni dan budaya yang harus tetap terus ditingkatkan dan dikembangkan.

Menurutnya yang terpenting juga mengelola semua hal itu harus ada usaha dari prajuru desa adat untuk memperoleh hasil. "Adat, tradisi dan budaya dalam mempertahankannya membutuhkan dana yang sangat besar. Berdasarkan Perda No 4 sudah ada Baga Utsaha padruen desa adat. Dimana desa adat itu diberikan keleluasaan dalam berusaha," ucapnya.

Ia yakin peluang usaha milik desa adat itu sangat besar, karena selain sebagai pusat seni dan budaya, Sukawati juga sebagai sentra ekonomi dengan adanya pasar seni dan pasar umum yang ada di Sukawati.

"Potensi sudah ada namun bagaimana dikelola dengan baik dan mengorganisir itu dengan baik. Bagaimana mengelola perekonomian ditingkat desa adat terlebih dahulu," ucapnya.

Ia menambahkan, tingkat berdemokrasi masyarakat Sukawati sudah sangat tinggi. Jadi masyarakat akan menerima siapa yang terpilih menjadi prajuru adat maupun ditingkat dinas. 

"Kami tentu akan mendukung segala upaya yang dilakukan bendesa yang baru dan perangkatnya di lembaga adat maupun dinas, sepanjang apa yang dilakukan baik sebagai sebuah kebijakan mampu memberikan manfaat kepada masyarakat Sukawati," harapnya. (yess)


TAGS :

Komentar