I Nyoman Alit Sutarya Bangga dan Kagum Dengan Pelaksanaan FAS 2021

  • 02 Januari 2022 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
Anggota DPRD Kabupaten Gianyar Fraksi PDI Perjuangan, I Nyoman Alit Sutarya mengaku bangga dan kagum atas diselenggarakannya Festival Air Suwat (FAS) tahun 2021.

Alit Sutarya kepada BaliBanknews mengungkapkan sebagai masyarakat dirinya memberikan apresiasi atas diselenggarakan FAS tahun 2021. Dimana festival ini memang mengangkat sebuah filosifi air yang merupakan sumber kehidupan dan mewajibkan bagi semua untuk menjaga sumber dan kesuian air. 

"Bertepatan pada awal tahun ini diselenggarakan puncak FAS dan sebelumnya dirangkai dengan kegiatan-kegiatan perlombaan tradisional untuk menyemangati masyarakat Suwat yang diselenggarakan di sawah, sehingga sawah yang membutuhkan air dan disana dibutuhkan kekuatan untuk menjaga alam ini," ucapnya.

Alit Sutarya lebih jauh mengungkapkan, kegiatan juga dilaksanakan persembahyangan dan mendak tirta dan dilaksanakan perang air yang dilaksanakan di Catus Pata Desa Suwat.

"Secara pribadi saya simbolkan perang itu semangat, spirit untuk memerangi untuk memberikan kehidupan bukan memerangi untuk memusuhi," ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan ini sangat mendasar sekali, dimana semangat masyarakat Suwat untuk mensucikan dan menjaga alam ini dengan melakukan kegiatan perang air ini.

"Sebagai wakil rakyat tentunya harus memperhatikan kegiatan budaya ini dan dikembangkan dan menjadi destinasi wisata yang wajib kita dukung baik secara moral maupun material, sehingga menjadi sumber pendapatan desa maupun daerah," ucapnya.

Kegiatan ini diharapkan terus dilakukan setiap tahun sekali, sehingga masyarakat tetap melestarikan kegiatan ini dan menjaga serta melestarikan kesucian air. Dimana di Desa Suwat sudah ada waterfall dan cukup dikenal, sehingga bisa menjadi satu kesatuan paket wisata.

"Saya sangat berbahagia sekali ikut berbaur dengan masyarakat Suwat dalam kegiatan perang air ini," ucapnya.

Diharapkan kedepan rangkaian kegiatan FAS bisa dikemas sesuai dengan alur cerita dan lebih inovatif lagi dengan penggunaan busana yang digunakan, sehingga ini perlu dukungan dari pemerintah.

"Saya harapkan kegiatan ini bisa terus diselenggarakan dan menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara," harapnya. (yess)


TAGS :

Komentar