Mahasiswa KKN UNHI Bantu Kembangkan QRIS di LPD Desa Adat Batur

  • 01 September 2022 00:00 WITA

Kintamani, BaliBanknews -
Mahasiswa-mahasiswi Universitas Hindu Indonesia (UNHI) dari gabungan prodi, khususnya bidang kerja ekonomi melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan membantu LPD Desa Adat Batur memperkenalkan dan mengembangkan QRIS dari Bank BPD Bali kepada krama yang memiliki usaha.

Pemucuk LPD Desa Adat Batur, I Made Bilastra kepada BaliBanknews belum lama ini mengungkapkan, pihaknya sangat berterimakasih kepada mahasiswa KKN UNHI karena telah dibantu mengembangkan pembayaran non tunai berupa QRIS Bank BPD Bali ke usaha-usaha krama.

"Digitalisasi saat ini sangat penting bagi kita semua, termasuk juga bagi LPD. Dengan QRIS segala transaksi dimudahkan,aman dan cepat," ucapnya.

Dikatakannya, selama ini tantangan internal yang dihadapi LPD Desa Adat Batur salah satunya adalah digitalisasi selain juga pengembangan SDM. Dengan adanya KKN UNHI di LPD Desa Adat Batur ini diharapkan mampu semakin meningkatkan SDM maupun pengembangan digitalisasi di LPD Batur.

Lebih jauh dikatakannya, untuk meningkatkankan SDM pihaknya mengirim karyawan untuk melakukan pelatihan-pelatihan yang dilakukan BKS LPD dan Bank BPD Bali.

"Digitalisasi ini kami sangat dibantu oleh Bank BPD Bali, dan juga dalam kesempatan ini adik-adik mahasiswa UNHI yang KKN disini juga turut membantu dalam menyebarkan QRIS ke pedagang-pedagang maupun usaha-usaha yang ada disini," ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, LPD Desa Adat Batur memiliki ruang lingkup tiga desa dinas, 24 banjar adat dengan jumlah karyawan 11 karyawan, 3 pengurus. Jumlah nasabah LPD Batur mencapai 4000 krama lebih. LPD Desa Adat Batur per Agustus 2022 mencapai Rp 20,4 miliar.

Ditambahkan Bilastra rata-rata masyarakat di Desa Batur bergerak fi sektor pertanian dan perdagangan. Dengan pasar komoditi terbesarnya adalah jeruk, sayur dan peternakan.babi serta sapi. (jhon)


TAGS :

Komentar