Gerakan Ekonomi Krama, LPD Desa Adat Kutuh Berikan Kredit Tanpa Jaminan

  • 21 September 2022 00:00 WITA
Kepala LPD Desa Adat Kutuh, I Wayan Tirka.

Mangupura, BaliBanknews-
Sebagai lembaga milik krama adat, Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Memiliki peran penting dalam meningkatkan pembangunan di Desa Adat dan juga menggerakan ekonomi Krama. Sepertihalnya LPD Desa Adat Kutuh, Kuta Selatan Kabupaten Badung yang memiliki produk kredit tanpa jaminan yang dimanfaatkan kama dalam mengembangkan usaha mereka.

Kepala LPD Desa Adat Kutuh, I Wayan Tirka, ketika ditemui Bali Banknews,Rabu 21 September 2022 di kantor LPD Desa Adat Kutuh mengungkapkan, LPD Kutuh memiliki produk kredit tanpa jaminan sejak tahun 2015. Kredit harian ini diminati krama dalam mengembangkan usaha mereka yang sebagian besar bergerak disektor perdagangan.

“Dominan pedagang yang memanfaatkan kredit harian ini. Dalam situasi pandemic tidak ada target selama 2 tahun dari awal 2020 sampai akhir tahun 2021.

LPD Kutuh selama pandemic memberikan relaksasi kredit kepada krama. Saat ini krama yang meminjam kredit mulai dari nol mengembalikan dan saat ini juga diberikan relaksasi kredit dengan memberikan keringanan bunga," ujarnya.

Diakuinya, syarat untuk mendapatkan kredit tanpa jaminan syaratnya mudah hanya KTP, KK dan ada surat keterangan usaha dari Desa Adat Kutuh.

“LPD Kutuh dengan kredit tanpa jaminan Ini diharapkan mampu membangkitkan ekonomi dan usaha krama," ukar Tirka.

Diakuinya, masyarakat atau krama Desa Adat Kutuh yang sudah memiliki usaha, LPD Desa Adat Kutuh siap untuk memberikan kredit tanpa jaminan.

“Hampir 60 % terjun disektor pariwisata. Dengan adanya kredit ini memacu munculnya usaha- usaha baru krama dengan memanfaatkan kredit harian di LPD Kutuh. Kredit tanpa jaminan di LPD Kutuh plaponnya sampai 25 juta Dengan jangkawaktu setahun hingga dua tahun," kata Tirka.

Ditambahkannya LPD Desa Adat Kutuh bahkan selalu hadir dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Seperti beberapa waktu lalu dalam kegiatan metatah masal dan tahun depan LPD Kutuh juga mensuport dana dimana Desa Adat Kutuh akan menggelar ngaben masal.

Selain itu, LPD Kutuh memberikan tali kasih berupa sembako kepada krama sejumlah 850 KK setiap kegiatan ulang tahun LPD Kutuh yang diselenggarakan bersamaan dengan Festival Pandawa di setiap akhir tahun. (jhon)


TAGS :

Komentar