Empat BPR Berkolaborasi Gelar Inklusi Keuangan di Pasar Tenten Abiansemal

  • 19 Oktober 2024 00:00 WITA
PT. BPR Desa Sangeh, PT. BPR Pasarraya Kuta, PT. BPR Permata Sedana dan PT. BPR Bukit Tanjung berkolaborasi menggelar kegiatan inklusi keuangan bertema "Akses Keuangan Inklusif Wujudkan Masyarakat Produktif" di Pasar Tenten Desa Abiansemal, Badung, Sabtu pagi 19/10/2024.

Badung, balibanknews -
Empat BPR yakni PT. BPR Desa Sangeh, PT. BPR Pasarraya Kuta, PT. BPR Permata Sedana dan PT. BPR Bukit Tanjung berkolaborasi menggelar kegiatan inklusi keuangan bertema "Akses Keuangan Inklusif Wujudkan Masyarakat Produktif" di Pasar Tenten Desa Abiansemal, Badung, Sabtu pagi 19/10/2024.

Hadir dalam kegiatan ini Direktur Utama (Dirut) PT BPR Desa Sangeh, Bapak Ida Bagus Made Kerta, Dirut PT BPR Pasarraya Kuta, Bapak Catur Permada, kemudian Dirut PT BPR Permata Sedana, Bapak Kadek Agus Sariawan dan Direktur PT BPR Bukit Tanjung, Ibu Kemala Dewi.

Dirut PT BPR Desa Sangeh yang juga sebagai Pembina kegiatan ini mengungkapkan, kegiatan inklusi keuangan ini untuk mengedukasi masyarakat dan pedagang di pasar dalam mensosialisasikan BPR. Dimana masyarakat maupun pedagang diperkenalkan produk-produk yang ada di BPR.

"Kita melakukan edukasi berupa gerebek pasar. Respon masyarakat dan pedagang sangat bagus, terbukti banyak yang membuka rekening tabungan. Karena BPR memberikan suku bunga yang kompetitif serta dana nasabah dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)," ucap IB Made Kerta.

Ia menambahkan, lewat sosia­lisasi ini juga tidak hanya mengenalkan produk perbankan saja. Tetapi sekaligus mengajarkan bagaimana mengelola keuangan dengan benar serta mengedukasi masyarakat agar tidak terjerat investasi bodong maupun pinjaman online ilegal.

Salah satu pedagang di Pasar Tenten yang juga telah membuka rekening tabungan dalam kegiatan ini, Ni Nyoman Wetri menyambut antusias kegiatan edukasi dan literasi keuangan ini. Karena memberikan manfaat positif bagi pedagang maupun maayarakat yang berbelanja di Pasar Tenten Abiansemal.

"Kegiatan ini memberikan pendidikan atau informasi mengenai lembaga keuangan khususnya Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dimana dana yang kita tempatkan di BPR dijamin LPS serta kita bisa meminjam kredit untuk meningkatkan usaha di BPR dengan proses cepat dan mudah dengan suku bunga yang kompetitif," ucap Wetri.

Ia pun berharap kegiatan edukasi dan literasi seperti ini bisa terus diselenggarakan, agar memperluas edukasi kepada masyarakat dan pedagang.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pasar Tenten Abiansemal, I Nyoman Oka mengapresiasi kegiatan edukasi dan litrrasi dari empat BPR yang ada di Kabupaten Badung ini.

"Kegiatan ini sangat luar biasa manfaatnya. Kami menyambut antusias, dimana BPR mengedukasi pedagang serta pengunjung pasar tentang lembaga keuangan yakni BPR," ucap Oka.

Menurutnya kegiatan ini memberikan masyarakat dan pedagang informasi penting tentang produk-produk perbankan. Selain juga diedukasi tentang waspada pinjaman online ilegal serta investasi ilegal lainnya. 

"Kegiatan ini memberikan edukasi bagaiman kita terhindar dari investasi ilegal maupun pinjol ilegal, sehingga masyarakat maupun pedagang dalam menempatkan dana bertransaksi maupun meminjam kredit yang aman bisa dilakukan di BPR," ucap Oka.

Dalam kegiatan ini, karyawan-karyawati dari empat BPR ini memberikan edukasi dan literasi kepada pedagang sejumlah 84 lapak dan enam toko. Disamping juga menawarkan kepada pedagang untuk membuka rekening di BPR. Dimana setiap masyarakat atau pedagang yang membuka rekening diberikan souvenir serta membagikan voucher yang bisa digunakan membeli sembako yang telah disediakan panitia dengan harga lebih murah. (jhon)

 


TAGS :

Komentar